Senin, 30 Maret 2009

Belajar di Holland: Kenal Masyarakat Dunia Bukan Impian Lagi

08.46


Mengimpikan berjalan santai di tengah kota bersih dan indah, yang dilengkapi dengan suguhan rumah rumah cantik, cafe-cafe di dekat trotoar dengan kanopi di depan jendelanya, kanal-kanal cantik yang beriringan dengan trotoar khusus pejalan kaki, dan sajian ribuan tulip berbagai warna di taman kiekenhof yang indah mengesankan, tentu hanya akan didapat jika bertandang ke Holland.

Disamping dikenal sebagai gudangnya para seniman, masyarakat dunia mengenal negeri kincir angin ini juga sebagai salah satu negara mahal dunia. Namun meski begitu, negeri yang dipimpin oleh Ratu Beatrix ini tidak pernah mengesampingkan pentingnya pendidikan sebagai salah satu pilar utama transformasi masyarakat pada taraf yang lebih maju.

Berbicara mengenai dunia pendidikan di belanda, tentu saja bahasannya tak akan jauh-jauh dari prestasi-prestasi gilang gemilang dan berbagai kemajuan yang telah dicapainya. Sekedar menyebutkan, Utrecht University yang mampu menduduki tangga ke-9 sebagai universitas terbaik di eropa pada tahun 2008 dan di urutan 47 di seluruh dunia pada the Shanghai’s Academic Ranking of The world Universities. Bahkan 90% universitas di Holland berjejer anggun pada 200 universitas terbaik dunia.

Menilaik prestasi-prestasi yang telah dikantonginya, tentu jika dicari asal muasalnya bertumpu pada satu hal; baiknya sistem pendidikan yang ada. Misalnya sistem spesialisasi pada salah satu bidang keilmuan untuk menciptakan peserta didik yang mumpuni dalam suatu disiplin ilmu, sebagai salah satu bekal penciptaan peserta didik yang profesional. Atau penekanan pada orientasi praktek yang difasilitasi dengan adanya program magang. Dengan keberadaan program ini, diharapkan peserta didik mempunyai bekal yang cukup untuk memasuki bursa kerja yang kian kompetitif. Konsep ini juga dikenal dengan sebutan hogeschool atau University of Applied Sciences.

Pemerintah Holland agaknya sangat memahami posisi pendidikannya yang dikenal masyarakat dunia sebagai salah satu negara dengan konsep pendidikan yang baik. Hal ini misalnya ditandai dengan maraknya mahasiswa dari berbagai penjuru dunia yang memilih Holland sebagai destinasi pendidikan, oleh karenanya, untuk merespon kebutuhan masyarakat dunia tersebut, pemerintah bekerjasama dengan berbagai universitas yang ada untuk memfasilitasi dengan menyediakan program khusus mahasiswa internasional.

Sebagai contohnya, Delft University of Technology, dari total 14,000 pelajar, 2,000nya adalah pelajar internasional, Erasmus Universities Rotterdam 2,928 pelajar internasional dari total 21.000 pelajar, Leiden university 1,700 dari 18,000, dan 2,000 pelajar internasional dari 29.000 total pelajar yang ada di Utrecht University.

Satu hal yang kerap kali mengganjal ketika hendak menempuh studi di barat, terutama bagi yang beragama islam adalah rasa was-was, bahkan cendrung paranoid yang terkadang muncul seiring maraknya islamphobia akibat berbagai propaganda media massa. Namun jika destinasi belajarnya adalah Holland, ada baiknya jika perasaan itu diteliti kembali, sebab pemerintah di negeri cantik menawan tersebut sangat mengedepankan toleransi. Sekedar mengutip ungkapan Ratu Beatrix pada salah satu kesempatan ” Tradisi demokrasi kita lebih dari sekedar menerima kekuasaan kalangan mayoritas. Tradisi itu juga berarti penghormatan bagi kalangan minoritas “. statemen tersebut memberikan satu gambaran, bahwa pemerintah Holland sangat open mind terhadap masyarakat lain meski berbeda sosio kultural dan agama.

Nah, jika memang mengenal masyarakat dunia adalah suatu impian, maka Holland adalah tempat yang tepat untuk mewujudkan impian itu. Kunjungi Holland, kenali masyarakat dunia dan dapatkan berjuta pengalaman menarik dari suguhan multi kultural yang ada.

Sources:

- Study in Europe, discover Europe! Education for excellence

- www.nesoindonesia.or.id mengenai sistem pendidikan belanda

- Isi pidato Ratu Beatrix pada hari natal, disiarkan oleh radio nederland wereldomroep


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

12 comments:

  1. ku pikir apa yang ada di blog kamu kawan... ternyata tentang belanda toh??? tapi gak apa apa sih... ku pikir...cukup informatif...

    makasih yah pak...

    BalasHapus
  2. kak hafiz, aku udah baca pesan di facebook kamu tadi pagi.

    komentarku, lumayan sih, cuma agaknya mesti butuh revis... cie... sukses yah...!

    BalasHapus
  3. kirain apaan pis...

    mang napa sih lw nyuruh w comment di blog lw???

    BalasHapus
  4. bagus juga

    maen maen juga dong ke blog gw

    sesama keturunan madura dilarang egois...

    he he he

    ;D

    BalasHapus
  5. gimana kabarnya akh?

    semoga masih dalam lindungan Allah SWT

    oia akh,,, semangat menulisnya masih tetap tinggi kan?

    ane udah jarang akh, namun syukr masih sempat beberapa kali dimuat di beberapa media

    oia, lumayan tuh tulisan,

    agaknya punya bakat untuk jadi duta pariwisata...

    he he he

    sukses selalu yahhh

    jazakallah khairan katsira

    BalasHapus
  6. ah lw..

    w kira apaan

    sob,,, doain w yah..

    mga cpet sembuh...

    BalasHapus
  7. fizz

    jangan lupai teman-teman FLP banyuanyar yah

    kalo ada ino tolong kasih tau

    oia,,, ada salam dari teman-teman FLP banyuanyar

    semoga sukses ke EROPA

    kupikir kamu cukup syarat

    BalasHapus
  8. eh cong... bedeh pah rah???

    hmh,,, ada peingkatan yah ternyata tulisan kamu...

    ko ngoongin tentang Belanda si? mang ada apa???

    BalasHapus
  9. ada apa dek kok nyuruh testi???

    mo pamer tulisan yah??? ato foto??

    he he he

    oia, tulisannya lumayan, cukup informatif.

    ko nulisnya tentang Belanda? ada apa?

    BalasHapus
  10. mf bang bru bisa nagsih comeent nih.........
    holland ya...
    kalo denger negara tuh,,, rasanya gimana gitu....kaya masih trauma he.........

    BalasHapus
  11. ih bagus banget ci isi tulisan'a.informatif..oia,btw mo k blanda ya???

    BalasHapus

let's share knowledge! :)

 

© 2013 wellcome to saxera's zone. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top